CONTOHTEKS
 

Fuzzy Logic Adalah

 

CONTOHTEKS.NET – Dilansir dari wikipedia, Logika Fuzzy adalah peningkatan dari logika Boolean yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian. Saat logika klasik menyatakan bahwa segala hal dapat diekspresikan dalam istilah biner (0 atau 1, hitam atau putih, ya atau tidak), logika fuzzy menggantikan kebenaran boolean dengan tingkat kebenaran.
Logika Fuzzy memungkinkan nilai keanggotaan antara 0 dan 1, tingkat keabuan dan juga hitam dan putih, dan dalam bentuk linguistik, konsep tidak pasti seperti “sedikit”, “lumayan”, dan “sangat”. Logika ini berhubungan dengan set fuzzy dan teori kemungkinan. Logika fuzzy diperkenalkan oleh Dr. Lotfi Zadeh dari Universitas California, Berkeley pada 1965.
Fuzzy logic jika di atau dalam bahasa Indonesia logika Fuzzy adalah teknik/ metode yang dipakai untuk mengatasi hal yang tidak pasti pada masalah – masalah yang mempunyai banyak jawaban. Pada dasarnya Fuzzy logic merupakan logika bernilai banyak/ multivalued logic yang mampu mendefinisikan nilai diantara keadaan yang konvensional seperti benar atau salah, ya atau tidak, putih atau hitam dan lain-lain. Penalaran Logika Fuzzy memnyediakan cara untuk memahami kinerja system dengan cara menilai input dan output system dari hasil pengamatan. Logika Fuzzy menyediakan cara untuk menggambarkan kesimpulan pasti dari informasi yang samar-samar, ambigu dan tidak tepat. Fuzzy logic Pertama kali dikembangkan oleh Lotfi A. Zadeh tahun 1965.
Alasan Kenpa digunakan logika Fuzzy:
1. Karena konsep logika Fuzzy mudah dimengerti.
2. Logika Fuzzy fleksibel.
3. Logika Fuzzy mampu memodelkan fungsi-fungsi nonlinear yang sangat kompleks.
4. Logika Fuzzy dapat bekerja dengan teknik-teknik kendali secara konvensional.
5. Logika Fuzzy memiliki toleransi terhadap data-data yang tepat.
6. Logika Fuzzy didasarkan pada bahasa alami.
7. Logika Fuzzy dapat membangun dan mengaplikasikan pengalaman-pengalaman para pakar secara langsung tanpa harus melalui proses pelatihan.
Di bawah ini adalah beberapa contoh aplikasi Fuzzy Logic:
1. Sistem Pengereman Mobil (Nissan).
2. Pengontrol kereta bawah tanah di Sendai, Jepang.
3. Penghematan Konsumsi Daya Listrik AC (Mitsubhishi Heavy Industries Tokyo).

BACA:  Jaringan Dewasa pada Tumbuhan

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .