CONTOHTEKS
   

Ringkasan Perkembangan Sosiologi di Indonesia

 

CONTOHTEKS.NET – Walaupun banyak definisi tentang sosiologi, namun pada umumnya sosiologi dikenal sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang masyarakat. Sosiologi sendiri mulai diperkenalkan sebagai salah satu cabang dari ilmu sosial pada tahun 1842. Istilah sosiologi dicetuskan pertama kali oleh seorang ilmuwan Perancis bernama August Comte sehingga ia dikenal sebagai Bapak Sosiologi. Ia menggabungkan antara kata “Socius” yang artinya “Kawan” dengan kata “Logos” yang artinya “Ilmu Pengetahuan“.
Sosiologi semakin berkembang di abad ke-19 di Eropa karena sebagai salah satu ilmu yang mempelajari tentang masyarakat, para ilmuwan Eropa mulai menyadari perlunya secara khusus mempelajari kondisi dan perubahan sosial yang terjadi di kalangan masyarakat Eropa pada saat itu. Lalu bagaimana perkembangan sosiologi di Indonesia?
PERKEMBANGAN SOSIOLOGI DI INDONESIA
Berdasarkan catatan sejarah, sebenarnya konsep sosiologi sudah mulai berkembang di Indonesia sejak zaman dahulu. Meskipun beberapa tokoh yang berpengaruh tidak mempelajari sosiologi secara khusus, namun mereka telah banyak memasukkan unsur-unsur sosiologi dalam ajaran-ajarannya. Adapun tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam sejarah perkembangan sosiologi di Indonesia adalah:

BACA:  Sebutkan Aspek-Aspek Kehidupan Masyarakat Indonesia Pada Masa Hindu dan Budha?

Meskipun begitu, sebelum perang dunia ke-2, sosiologi di Indonesia hanya dianggap sebagai ilmu pembantu bagi ilmu-ilmu pengetahuan lainnya. Dengan kata lain, sosiologi belum dianggap cukup penting untuk dipelajari dan digunakan sebagai ilmu pengetahuan. Adapun tahapan perkembangan sosiologi di Indonesia adalah sebagai berikut:

BACA:  Tuliskan 3 Contoh Paragraf Perbandingan
 

 

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya apa pengertian dari globalisasiHadis tentang menutup aurat riwayat abu daud (4017)dan lainya dengan sanad yang hasanBunyi Hadits tentang menutup aurat dari( HR-ABU DAWUD DAN SANAD YANG HASAN Pakai bahasa latinkitab suci agama hindumahal mana besi atau alumunium untuk penghantar magnet.