CONTOHTEKS
 

Manfaat Keanekaragaman Hayati di Indonesia

 

CONTOHTEKS.NET – Sebelumnya telah dibahas mengenai macam-macam keanekaragaman hayati atau biodiversitas. Tahukah kalian bahwa Indonesia merupakan negara yang juga dijuluki sebagai ‘Megabiodiversitas’. Mengapa demikian?

Wilayah Indonesia yang hanya 1/3 dari seluruh luas permukaan bumi ternyata menyimpan sekitar 17% dari seluruh spesies makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Oleh karena itu, Indonesia mendapat julukan sebagai ‘megabiodiversitas’ dengan kekayaan jenis dari spesies makhluk hidup yang dimilikinya.

 

Keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia, antara lain:

  1. Tidak kurang dari 25.000 spesies tumbuhan berbunga tumbuh dengan baik di Indonesia, 3000 jenis di antaranya adalah anggrek.
  2. Sebagai negara dengan bioma hutan hujan tropis memungkinkan tumbuh suburnya berbagai pohon penghasil kayu, sekitar 400 jenis kayu meranti dengan nilai ekonomis yang tinggi terdapat di Indonesia.
  3. Hutan di Indonesia juga menyimpan tidak kurang dari 35.000 jenis lumut dan alga.
  4. Sekitar 6.000 jenis tumbuhan dan satwa domestik asli Indonesia telah digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk makanan, obat-obatan, kosmetik dan keperluan lainnya.
  5. Dari sekitar 38.000 spesies ikan yang ada di dunia, sekitar 9.500 spesies atau 25% hidup di wilayah perairan Indonesia.
BACA:  Kedatangan Nenek Moyang Bangsa Indonesia ke Wilayah Nusantara

Keanekaragaman hayati tersebut tentu saja memiliki sejumlah manfaat untuk negara Indonesia pada khususnya, dan dunia pada umumnya. Adapun sejumlah manfaat dari keanekaragaman hayati di Indonesia, yaitu :

1. Manfaat Keanekaragaman Tumbuhan

BACA:  Macam-Macam Majas Beserta Contohnya

2. Manfaat Keanekaragaman Hewan

BACA:  Jumlah Anggota BPUPKI dan PPKI

3. Manfaat Keanekaragaman Mikroorganisme

Selain tumbuhan dan hewan, masih ada lagi 1 jenis makhluk hidup yang tidak boleh dilupakan keberadaannya yaitu mikroorganisme dengan ukurannya yang sangat kecil sehingga kadang sulit dikelompokkan sebagai tumbuhan atau hewan. Oleh karena itu mikroorganisme dikelompokkan tersendiri. Adapun manfaat kenaekaragaman mikroorganisme di Indonesia, antara lain :