CONTOHTEKS
 

Ulasan Tentang Budaya Politik Parokial

 

CONTOHTEKS.NET – Secara umum, Pengertian Budaya Politik adalah pola perilaku suatu masyarakat dalam kehidupan bernegara, penyelenggaraan administrasi negara, politik pemerintahan, hukum, adat istiadat, dan norma kebiasaan yang dihayati terhadap seluruh anggota masyarakat setiap harinya.
Budaya politik diartikan sebagai suatu sistem nilai bersama suatu masyarakat secara sadar untuk berpartisipasi dalam mengambil kepetusan kolektif dan kebijakan publik untuk masyarakat seluruhnya.
Bagian-Bagian Budaya Politik
Secara umum, budaya politik terbagi dalam tiga jenis antara lain sebagai berikut:
1. Budaya politik apatis (masa bodoh, pasif, dan acuh)
2. Budaya politik mobilisasi (didorong atau sengaja di mobilisasi)
3. Budaya politik partisipasif (aktif)
Budaya politik dibagi dalam beberapa tipe berdasarkan dari oritentasi politiknya salah satunya budaya politik parikoal.
Pengertian Budaya Politik Parokial
Budaya politik parokial merupakan tipe budaya politik yang paling rendah. Dalam budaya politik ini masyarakat tidak merasakan bahwa mereka adalah warga negara dari suatu negara, mereka lebih mengidentifikasikan dirinya pada perasaan lokalitas. Tidak terdapat kebanggaan terhadap sistem politik tersebut.
Mereka tidak memiliki perhatian terhadap apa yang terjadi dalam sistem politik, pengetahuannya sedikit tentang sistem politik, dan jarang membicarakan masalah-masalah politik. Budaya politik ini juga mengindikasikan bahwa masyarakatnya tidak memiliki minat maupun kemampuan untuk berpartisipasi dalam politik. Perasaan kompetensi politik dan keberdayaan politik otomatis tidak muncul, ketika berhadapan dengan institusi-institusi politik.
Tidak munculnya perasaan kompetensi politik dan keberdayaan politik tersebut menyebabkan sulitnya membangun demokrasi dalam budaya politik parokial. Demokrasi dalam budaya politik parokial hanya dapat dibangun jika terdapat institusi-institusi dan perasaan kewarganegaraan baru.
Ciri-Ciri Budaya Politik Parokial
Berikut adalah beberapa ciri dari budaya politik parokial antara lain:
1. Apatis
2. Lingkupnya sempit dan kecil
3. Pengetahuan politik rendah
4. Masyarakatnya yang sederhana dan tradisional
5. Adanya ke tidak peduli dan juga menarik diri dari kehidupan politik
6. Anggota masyarakat condong tidak berminat terhadap objek politik yang luas
7. Kesadaran anggota masyarakat mengenai adanya pusat kewenangan dan kekuasaan dalam masyarakatnya rendah
8. Tidak ada peranan politik bersifat khusus
9. Warga negara tidak sering berhadap dalam sistem politik
Di Indonesia, unsur-unsur budaya lokal masih sangat melekat pada masyarakat tradisional atau masyarakat pedalaman. Pranata, tata nilai, dan unsur-unsur adat lebih banyak dipegang teguh daripada persoalan pembagian peran politik. Pemimpin adat atau kepala suku yang nota bene adalah pemimpin politik, dapat berfungsi pula sebagai pemimpin agama atau pemimpin sosial masyarakat bagi kepentingan-kepentingan ekonomi.

BACA:  Jelaskan Bagaimana Proses Terbentuknya Jalur Gunung Berapi?

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .