CONTOHTEKS
 

Posisi Geografis Negara India

 

CONTOHTEKS.NET – Jika pertama kali mendengar kata India maka yang terlintas di pikiran adalah budayanya yang didominasi dengan tarian dan nyanyian seperti yang sering diperlihatkan dalam film-film atau drama India. Tetapi India tidak hanya sebatas itu saja.

Seperti halnya penduduk Cina yang bisa dijumpai di hampir semua negara di belahan dunia, orang-orang India pun seperti itu. Jika kamu berkunjung ke luar negeri, kamu bisa dengan mudah menemukan restoran dan toko milik orang India.

Salah satu peradaban kuno terkenal di dunia, yaitu peradaban lembah sungai Indus terjadi di India. Negara ini juga menjadi tempat kelahiran agama Hindu dan Budha.

Di masa lalu, India juga pernah menjadi bangsa terjajah ketika dijajah oleh Britania Raya dan dijadikan sebagai bagian dari negara itu. Hingga akhirnya India meraih kemerdekaannya pada 15 Agustus 1947 setelah melalui perjuangan yang berat.

Mahatma Gandhi adalah tokoh nasional India sekaligus tokoh dunia yang mengusung kemerdekaan India tanpa adanya kekerasan melainkan melalui aksi demo yang damai.

BACA:  Tantangan untuk Mencapai Ketahanan Pangan

POSISI GEOGRAFIS INDIA

India yang terletak di kawasan benua Asia, tepatnya di Asia Selatan, sejak dulu terkenal sebagai bagian dari rute perdagangan penting mengingat posisinya yang strategis dengan garis pantai sepanjang 7.000 km.

Adapun posisi geografis India meliputi:

Selain itu, India juga membagi wilayah perbatasannya dengan beberapa negara, seperti: Pakistan, Republik Rakyat Tiongkok, Myanmar, Bangladesh, Nepal, Bhutan, dan Afganistan. Sementara itu, Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia adalah negara kepulauan yang bersebelahan dengannya.

Posisi geografis di India menyebabkan cuacanya menjadi beragam, dari cuaca tropis di selatan hingga cuaca menengah di utara. Sebagian wilayah India yang terletak di kawasan pegunungan Himalaya memiliki cuaca tundra. Sementara itu, India memperoleh hujan dari pergerakan angin muson.

WILAYAH ADMINISTRATIF INDIA

Wilayah administratif India dibagi menjadi:

1) Wilayah Negara Bagian

Ada 28 negara bagian yang kemudian dibagi ke dalam suatu distrik. Masing-masing negara bagian memiliki pemerintah yang dilantik sendiri.

BACA:  Hewan Yang Mempunyai Pencernaan Intraseluler

Berikut ini ke-28 negara bagian di India:

  1. Andhra Pradesh
  2. Arunachal Pradesh
  3. Assam
  4. Bihar
  5. Chhattisgarh
  6. Goa
  7. Gujarat
  8. Haryana
  9. Himachal Pradesh
  10. Jammu dan Kashmir
  11. Jharkhand
  12. Karnataka
  13. Kerala
  14. Madhya Pradesh
  15. Maharashtra
  16. Manipur
  17. Meghalaya
  18. Mizoram
  19. Nagaland
  20. Orissa
  21. Punjab
  22. Rajasthan
  23. Sikkim
  24. Tamil Nadu
  25. Tripura
  26. Uttaranchal
  27. Uttar Pradesh
  28. Bengal Barat

2) Wilayah Persatuan

Ada 6 wilayah persatuan yang masing-masing diperintah oleh seorang pengurus yang dilantik oleh Pemerintah Persatuan (union government), meski beberapa di antaranya memiliki pemerintah yang dilantik.

Berikut ini ke-6 wilayah persatuan India:

  1. Kepulauan Andaman dan Nicobar
  2. Chandigarh
  3. Dadra dan Nagar Haveli
  4. Daman dan Diu
  5. Lakshadweep
  6. Pondicherry

3) Wilayah Ibukota Nasional

Wilayah ibukota nasional adalah New Delhi. Kota ini merupakan tempat pemerintahan liberal demokrasi terbesar di dunia, sekaligus sebagai kota metropolis terbesar ke-3 di India.

Hingga saat ini, populasi penduduk yang menetap di New Delhi adalah sekitar 10 juta jiwa.

New Delhi adalah kota yang mudah dijelajahi karena jalan-jalanya dirancang dengan cermat sebelum pembangunan gedung dimulai pada tahun 1903. Jalan raya utamanya adalah Raj Path.

KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA ORANG INDIA

BACA:  Tuliskan 3 Contoh Paragraf Perbandingan

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .