CONTOHTEKS
   

Penjelasan Klasifikasi Makhluk Hidup Menurut Robert H. Whittaker

 

CONTOHTEKS.NET – Robert H. Whittaker merupakan salah satu ahli Biologi yang telah mencetuskan pengklasifikasian makhluk hidup dengan sistem 5 tingkatan atau 5 kingkomKingdom atau kerajaan adalah tingkatan paling atas dari tingkatan klasifikasi makhluk hidup.
Pada awalnya, hanya ada sistem 2 kingdom, yaitu:

  1. Animalia untuk hewan.
  2. Vegetabilia untuk tumbuhan.

Ketika makhluk hidup bersel satu ditemukan, temuan baru ini dipecah ke dalam 2 kingdom lagi, yaitu yang dapat bergerak ke dalam filum Protozoa, sementara alga dan bakteri ke dalam divisi Thallophyta atau Protophyta.
Karena telah menimbulkan kebingungan, Ernest Haeckel menyarankan adanya kingdom ketiga, yaitu Protista untuk menampung makhluk hidup yang tidak memiliki ciri klasifikasi yang jelas. Kingdom ketiga yang disebut juga Protoctista baru populer belakangan.
Namun seiring perjalanan waktu, kini standar Amerika menggunakan sistem 6 kingdom, yaitu: Animalia, Plantae, Fungi, Protista, Archaea, dan Bacteria. Sementara standar Inggris, Australia, dan Kolombia memakai sistem 5 kingdom, yaitu: Animalia, Plantae, Fungi, Protista, dan Prokariota/Monera.
KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MENURUT ROBERT H. WHITTAKER
Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, Robert H. Whittaker adalah pencetus dari sistem klasifikasi makhluk hidup 5 kingdom. Sistem ini dicetuskan pada tahun 1969, dan modifikasinya masih digunakan di sebagian kecil publikasi saat ini.
Perbedaannya adalah di nutrisi, dimana Plantae autotrof bersel banyak, Animalia heterotrof bersel banyak, dan Fungi adalah saprotrof bersel banyak. 2 kingdom sisanya, yaitu Protista dan Monera, meliputi koloni bersel sederhana dan bersel satu. Sistem 5 kingdom dapat dikombinasikan dengan sistem 2 empire.
Adapun klasifikasi sistem 5 kingdom terdiri dari:
1) Plantae
Plantae atau tumbuhan merupakan kingdom makhluk hidup yang bercirikan:

BACA:  Apa Itu Pergerakan Semu Matahari?
 

2) Animalia
Animalia adalah kingdom hewan yang bercirikan:

3) Fungi
Fungi atau jamur merupakan kingdom makhluk hidup yang bercirikan:

4) Protista
Protista adalah kingdom makhluk hidup yang bercirikan:

BACA:  Individualisme Adalah

5) Monera
Monera adalah kingdom makhluk hidup yang bercirikan:

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya apa pengertian dari globalisasiHadis tentang menutup aurat riwayat abu daud (4017)dan lainya dengan sanad yang hasanBunyi Hadits tentang menutup aurat dari( HR-ABU DAWUD DAN SANAD YANG HASAN Pakai bahasa latinkitab suci agama hindumahal mana besi atau alumunium untuk penghantar magnet.