CONTOHTEKS
 

5 Divisi dari Dunia Tumbuhan

 

CONTOHTEKS.NET – Dunia tumbuhan menjadi hal yang tak terpisahkan dari kelangsungan kehidupan di muka bumi ini.

Keanekaragaman tumbuhan yang tersebar di seluruh penjuru dunia membuat para ahli tumbuhan melakukan klasifikasi atau pengelompokan.

Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam mengenali, membandingkan, serta mempelajari sifat dan ciri khas dari tumbuhan itu sendiri.

Pengelompokan ini biasanya dilakukan berdasarkan pada persamaan dan perbedaan dari ciri khas yang dimiliki oleh setiap tumbuhan.

Tentu saja, tumbuhan yang memiliki kesamaan dalam ciri-cirinya akan dikelompokkan dalam satu golongan.

Dalam dunia tumbuhan, urutan pengelompokannya adalah sebagai berikut:

  1. Kingdom (Kerajaan) : Plantae (Tumbuhan)
  2. Divisi
  3. Kelas
  4. Ordo
  5. Famili
  6. Genus
  7. Spesies

5 DIVISI DARI DUNIA TUMBUHAN

Untuk Kingdom Plantae atau Dunia Tumbuhan, terbagi atas 5 divisi, yaitu:

1) Schyzophyta

Yang termasuk dalam divisi Schyzophyta adalah jenis tumbuhan belah. Tumbuhan ini memiliki ciri khusus, yaitu berkembang biak dengan cara membelah diri.

BACA:  Komponen Kimiawi Sel

Tumbuhan belah dianggap sebagai kelompok tumbuhan dengan tingkat perkembangan filogenetik yang paling rendah sehingga dari segi evolusi merupakan kelompok tumbuhan yang paling tua dan paling primitif.

Ciri-ciri:

2) Thallophyta

Yang termasuk dalam divisi Thallophyta adalah jenis tumbuhan talus karena tubuhnya yang berbentuk talus. Tumbuhan ini memiliki struktur tubuh yang masih belum bisa dibedakan antara akar, batang dan daun.

Ciri-ciri:

3) Bryophyta

Yang termasuk dalam divisi Bryophyta adalah jenis tumbuhan lumut. Lumut yang biasanya ditemui di bebatuan, pepohonan, kayu gelondongan, ataupun di tanah memiliki ciri khas, yaitu berwarna hijau dengan ukuran yang sangat kecil sekitar 15 cm. Populasinya tersebar hampir di seluruh belahan dunia.

BACA:  Perbedaan Monokotil dan Dikotil

Ciri-ciri

4) Pterydophyta

Yang termasuk dalam divisi Pterydophyta adalah jenis tumbuhan paku. Tumbuhan paku merupakan tumbuhan dengan tingkatan lebih tinggi dari lumut.

Selain itu, meskipun habitat utamanya berada pada tempat yang lembab (higrofit), namun tumbuhan paku juga dapat hidup di berbagai tempat seperti di air (hidrofit), permukaan batu, tanah, serta dapat juga menempel (epifit) pada pohon.

Ciri-ciri:

5) Spermatophyta

Yang termasuk dalam divisi Spermatophyta adalah jenis tumbuhan biji. Tumbuhan biji merupakan suatu jenis tumbuhan tingkat tinggi karena memiliki akar, batang, dan daun.

BACA:  Sebutkan Permasalahan Yang Dihadapi Negara Berkembang?

Selain itu alat perkembangbiakannya juga sudah jelas dan bisa dibedakan antara yang jantan dan betina.

Ciri-ciri:

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .