CONTOHTEKS
 

3 Jenis Adaptasi pada Hewan

 

CONTOHTEKS.NET – Dalam ilmu Biologi dikenal istilah Adaptasi. Adaptasi adalah cara suatu organisme atau makhluk hidup dalam mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya agar mampu bertahan hidup. Dengan begitu, makhluk hidup yang mampu beradaptasi terhadap lingkungannya mampu untuk:

Dari situlah dapat diketahui pula bahwa makhluk hidup yang mampu beradaptasi akan bertahan hidup, sedangkan yang tidak mampu beradaptasi akan menghadapi kepunahan atau kelangkaan jenis. Sebagai salah satu bagian dari makhluk hidup, hewan pun melakukan adaptasi yang bisa dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku.
3 JENIS ADAPTASI PADA HEWAN
1) Adaptasi Morfologi
Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh makhluk hidup atau alat-alat tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Adaptasi morfologi ini merupakan jenis adaptasi yang paling mudah untuk diamati.
Contoh paling mudah adalah pada burung. Setiap jenis burung memiliki bentuk paruh yang berbeda. Bentuk paruh yang berbeda menandakan jenis makanan yang dimakan oleh burung tersebut yang mungkin berbeda satu sama lainnya. Contoh:

BACA:  Cara Jantung Memompa Darah
 

Sementara itu, bentuk kaki burung menandakan bagaimana cara hidup burung tersebut sekaligus cara mereka mencari makan. Contoh:

2) Adaptasi Fisiologi
Adaptasi fisiologi merupakan bentuk penyesuaian fungsi alat-alat dalam tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Adaptasi jenis ini tidak mudah diamati. Contoh:

BACA:  Romusha Adalah

3) Adaptasi Tingkah Laku
Adaptasi tingkah laku merupakan penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya dalam bentuk tingkah laku. Untuk menghindarkan diri dari serangan musuh, makhluk hidup, dalam hal ini hewan memiliki berbagai cara. Contoh:

BACA:  Fungsi Korteks pada Ginjal