CONTOHTEKS
 

Cara Adaptasi pada Tumbuhan

 

CONTOHTEKS.NET – Tidak hanya manusia dan hewan saja yang melakukan proses adaptasi. Sebagai salah satu bagian dari makhluk hidup, tumbuhan pun melakukan proses adaptasi demi bisa bertahan hidup di lingkungannya.
Dalam hal ini, tumbuhan akan menyesuaikan diri terhadap tempat hidupnya. Ada tumbuhan yang hidup di gurun. Ada tumbuhan yang hidup di air. Dari lingkungan hidupnya itulah tumbuhan akan memiliki bentuk penyesuaian diri. Meskipun begitu, cara tumbuhan dalam beradaptasi demi melindungi dirinya terbilang unik.
CARA ADAPTASI PADA TUMBUHAN
1) Adaptasi Tumbuhan untuk Melindungi Dirinya
Meskipun tumbuhan tidak dapat bergerak bebas seperti halnya manusia dan hewan, namun tumbuhan memiliki cara lain untuk melindungi dirinya dari bahaya. Ternyata, tumbuhan juga mempunyai alat untuk membela diri dari hewan pemangsanya. Ada banyak cara unik yang dilakukan tumbuhan untuk melindungi dirinya, seperti:

BACA:  Proses Terjadinya Badai

2) Adaptasi Tumbuhan terhadap Tempat Hidupnya
A. Tumbuhan Air
Tumbuhan air disebut juga hidrofita. Cara adaptasi yang dilakukan oleh tumbuhan air antara lain:

 

B. Tumbuhan Gurun
Tumbuhan gurun disebut juga xerofita. Cara adaptasi yang dilakukan tumbuhan gurun antara lain:

BACA:  Siklus Krebs

3) Adaptasi Tumbuhan terhadap Keadaan Lingkungannya
Menggugurkan daun di musim panas atau kemarau termasuk salah satu cara tumbuhan dalam beradaptasi dengan keadaan lingkungannya. Pengguguran daun bertujuan untuk mengurangi penguapan air pada musim kemarau. Dengan begitu, tumbuhan tidak akan mengalami kekeringan. Contoh tumbuhan yang menggugurkan daunnya di musim kemarau adalah pohon jati, pohon kapuk randu, pohon mahoni, dan pohon kedondong.
4) Adaptasi Tumbuhan untuk Memperoleh Makanannya
Salah satu contoh cara adaptasi tumbuhan untuk memperoleh makanannya dapat dilihat pada tumbuhan Venus. Dalam hal ini, daun tumbuhan Venus akan membentang lebar. Tumbuhan itu akan menunggu serangga datang dan mendarat pada permukaannya. Begitu serangga mendarat di permukaan daunnya, maka dengan cepat daunnya akan menutup dan menjebak serangga itu. Selain itu, tumbuhan Venus juga memiliki getah pencerna khusus. Getah ini berguna untuk melarutkan tubuh serangga. Karena tumbuhan Venus bisa menjebak dan memakan serangga, maka tumbuhan ini disebut sebagai tumbuhan insektivora.
 
 

BACA:  Bagaimana Jika Keringat Dalam Tubuh Tidak Keluar?