CONTOHTEKS
 

Contoh Alat Musik Melodis

 

CONTOHTEKS.NET – Alat musik melodis adalah alat musik yang mempunyai nada dan irama. Alat musik melodis mampu menghasilkan nada Do, Re, Mi dan seterusnya, yang akan melengkapi suara yang dihasilkan oleh alat musik ritmis dan harmonis.
Fungsi dari alat musik melodis adalah sebagai pengatur nada.
Dalam pengertian lainnya, alat musik melodis ialah alat musik yang memiliki irama atau bernada, biasanya fungsi alat musik melodis untuk pengatur nada sebuah musik atau lagu.
Nah, jika alat musik melodis ini mempunyai nada dan irama. Pada sebuah lagu itu terdapat notasi, seperti do re mi fa sol la si do.
Cara Memainkan Alat Musik Melodis
Alat musik melodis dan cara memainkannya sendiri dibagi menjadi beberapa macam. Tergantung dari alat musik yang dimainkan itu apa. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasannya di bawah ini:
1. Dipetik
Cara memainkan alat musik melodis dengan cara dipetik. Contohnya seperti gitar, kecapi, mandolin dan sasando.
2. Ditiup
Cara memainkan alat musik melodis dengan cara ditiup. Contohnya seperti pianika dan seruling.
3. Ditekan
Cara memainkan alat musik melodis dengan cara ditekan. Contohnya seperti piano dan akordion
4. Digesek
Cara memainkan alat musik melodis dengan cara digesek. Contohnya seperti biola.
5. Dihisap
Cara memainkan alat musik melodis dengan cara dihidap. Contohnya seperti harmonika.
Alat Musik Melodis Tradisional
Berikut ini adalah macam-macam alat musik melodis tradisional dan contohnya berserta asal daerahnya yang paling unik dari Indoensia dan seluruh dunia:
1. Angklung
Angklung adalah alat musik melodis tradisional yang berasal dari daerah sunda di Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu dan cara memainkannya dengan digoyangkan.
Bunyi yang dihasilkan karena benturan badan pipa bambu, sehingga terdengar bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3 sampai 4 dalam setiap ukuran angklung, baik yang kecil maupun besar.
Dalam bukunya Dictionary of the Sunda Language yang diterbitkan pada tahun 1862 di Batavia, Jonathan Rigg menuliskan bahwa angklung merupakan alat musik yang terbuat dari pipa-pipa bambu.
Bambu tersebut dipotong ujungnya menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ, lalu diikat bersama dalam suatu bingkai dan digetarkan untuk menghasilkan bunyi.
2. Bonang
Bonang barung merupakan salah satu instrumen dari seperangkat gamelan jawa. Bonang dibagi menjadi dua jenis, yaitu bonang barung dan bonang penerus. Cara memainkan bonang yakni dengan cara dipukul pada bagian atasnya.
3. Kecai
Alat musik melodis yang satu ini mirip dengan gitar. Kecapi adalah alat musik melodis tradisional asli Indonesia yang berasal dari daerah Sunda. Cara memainkannya yaitu dengan cara dipetik.
4. Seruling
Seruling atau suling juga termasuk salah satu dari alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat.
5. Sasando
Alat musik melodis ini adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Rote, Nusa Tenggara Timur.
6. Mandolin
Mandolin merupakan alat musik melodis tradisonal yang berasal dari negara Italia.

BACA:  Properti yang Digunakan Dalam Tarian Tani

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .