CONTOHTEKS
 

Pemilu Demokrasi Pertama di Indonesia

 

CONTOHTEKS.NET – Dalam catatan sejarah Indonesia, negara ini telah mencatat peristiwa Pemilu (Pemilihan  Umum) sebagai salah satu peristiwa bersejarah karena bisa menentukan masa depan bangsa untuk 5 tahun ke depan. Pemilu telah diadakan di Indonesia sejak tahun 1955. Pemilu tahun 1955 inilah yang dianggap sebagai pemilu demokrasi pertama di Indonesia. Hingga saat ini telah diadakan 11 kali pemilu di Indonesia hingga yang terakhir ini di tahun 2014.
LATAR BELAKANG PEMILU 1955
Di masa pemerintahan Presiden RI Pertama, yaitu Presiden Soekarno, Indonesia telah melewati banyak masa, mulai dari revolusi fisik, demokrasi parlementer, dan demokrasi terpimpin. Adapun latar belakang diselenggarakannya Pemilu tahun 1955, yaitu:

BACA:  Fungsi Koordinat pada Peta

TAHAPAN PERSIAPAN PEMILU 1955

 

TUJUAN DIADAKANNYA PEMILU 1955

Berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 1953, Pemilu 1955 dilakukan untuk memilih anggota-anggota parlemen (DPR) dan konstituante (Lembaga yang diberi tugas dan wewenang untuk melakukan perubahan terhadap konstitusi negara).

Adapun sistem yang digunakan pada Pemilu 1955 adalah sistem perwakilan proporsional. Maksudnya, sistem ini membagi wilayah negara Indonesia ke dalam 16 daerah pemilihan. Namun Irian Barat yang dimasukkan sebagai daerah pemilihan ke-16 tidak dapat mengikuti Pemilu 1955 karena saat itu wilayahnya masih dikuasai oleh Belanda.
PROSES PELAKSANAAN PEMILU 1955

BACA:  Sebutkan Jenis-jenis Mangrove

PEMILU 1955 SEBAGAI PEMILU DEMOKRASI PERTAMA DI INDONESIA
Berdasarkan uraian-uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa Pemilu 1955 merupakan pemilu demokrasi pertama di Indonesia karena: