CONTOHTEKS
   

Manfaat Penginderaan Jarak Jauh dalam Kajian Geografi

 

CONTOHTEKS.NET – Penginderaan jarak jauh atau disingkat Inderaja merupakan salah satu bidang kajian ilmu Geografi dengan menerapkan suatu metode pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat yang tidak secara fisik melakukan kontak dengan objek tersebut. Misalnya saja, satelit pengamatan bumi, satelit cuaca, dan wahana luar angkasa yang memantau planet dari orbit. Namun pada umumnya inderaja lebih kepada pengamatan yang berhubungan dengan teresterial dan pengamatan cuaca.
KOMPONEN-KOMPONEN PENGINDERAAN JARAK JAUH
1) Sumber Tenaga
Ada 2 sistem sumber tenaga dalam penerapan metode penginderaan jarak jauh, yaitu:

  1. Sistem pasif adalah sistem yang menggunakan sinar matahari.
  2. Sistem aktif adalah sistem yang menggunakan tenaga buatan seperti gelombang mikro.

Sumber tenaga inipun dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

BACA:  Upaya Pemanfaatan Potensi Lokasi Indonesia
 

2) Atmosfer
Di dalam inderaja terdapat istilah Jendela Atmosfer, yaitu bagian spektrum elektromagnetik yang dapat mencapai bumi. Keadaan di atmosfer dapat menjadi penghalang pancaran sumber tenaga yang mencapai ke permukaan bumi. Kondisi cuaca yang berawan menyebabkan sumber tenaga tidak dapat mencapai permukaan bumi.
3) Interaksi Antara Tenaga dan Objek
Interaksi antara tenaga dan objek dapat dilihat dari rona yang dihasilkan oleh foto udara. Tiap-tiap objek memiliki karakterisitik yang berbeda dalam memantulkan atau memancarkan tenaga ke sensor.
4) Sensor
Sensor merupakan alat pemantau yang dipasang pada wahana, baik pesawat maupun satelit. Alat ini terbagi 2, yaitu:

  1. Sensor fotografik: merekam objek melalui proses kimiawi. Sensor ini menghasilkan foto.
  2. Sensor elektronik: bekerja secara elektrik dalam bentuk sinyal yang direkam pada pita magnetik yang kemudian dapat diproses menjadi data visual atau data digital dengan menggunakan komputer yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan citra.

5) Wahana
Wahana adalah kendaraan/media yang digunakan untuk membawa sensor guna mendapatkan inderaja.
MANFAAT PENGINDERAAN JARAK JAUH DALAM KAJIAN GEOGRAFI
1) Bidang Meteorologi dan Klimatologi

  1. Membantu analisis cuaca dengan menentukan daerah tekanan rendah dan daerah bertekanan tinggi, daerah hujan, dan badai siklon.
  2. Mengetahui sistem atau pola angin permukaan.
  3. Permodelan meteorologi dan data klimatologi.
  4. Untuk pengamatan iklim suatu daerah melalui pengamatan tingkat kewarnaan dan kandungan air di udara.
BACA:  Faktor Pendorong Terjadinya Penjelajahan Samudera

2) Bidang Geodesi

3) Bidang Geologi

4) Bidang Hidrologi

BACA:  Apa yang Kamu Ketahui Tentang Sentralisasi?

5) Bidang Oceanografi

TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM PENGINDERAAN JARAK JAUH
Data dapat dikumpulkan dengan berbagai macam peralatan tergantung kepada objek atau fenomena yang sedang diamati. Umumnya teknik-teknik penginderaan jauh memanfaatkan radiasi elektromagnetik yang dipancarkan atau dipantulkan oleh objek yang diamati dalam frekuensi tertentu seperti inframerah, cahaya tampak, gelombang mikro, dan lain sebagainya. Metode penginderaan jarak jauh lainnya, yaitu melalui gelombang suara, gravitasi atau medan magnet.
 
 
 

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya apa pengertian dari globalisasiHadis tentang menutup aurat riwayat abu daud (4017)dan lainya dengan sanad yang hasanBunyi Hadits tentang menutup aurat dari( HR-ABU DAWUD DAN SANAD YANG HASAN Pakai bahasa latinkitab suci agama hindumahal mana besi atau alumunium untuk penghantar magnet.