CONTOHTEKS
   

Pembagian Kelas Protozoa Berdasarkan Alat Geraknya

 

CONTOHTEKS.NET – Protozoa yang merupakan organisme eukariotik bersel tunggal, dapat bergerak secara khas menggunakan pseudopodia (kaki palsu), flagela atau silia untuk dapat bergerak aktif. Berdasarkan alat gerak yang dimiliki dan mekanisme gerakan inilah, protozoa dapat dibagi ke dalam 4 kelas, yaitu:
1) Rhizopoda (Sarcodina)

2) Flagellata (Mastigophora)
Flagellata memiliki alat gerak berupa flagel (bulu cambuk) yang digunakan juga sebagai alat indera dan alat bantu untuk menangkap makanan. Flagellata dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :

  1. Fitoflagellata Flagellata merupakan flagellata autotrofik (berkloroplas) dapat berfotosintesis. Contoh: Euglena viridis, Noctiluca milliaris, Volvox globator, Zooflagellata.
  2. Flagellata heterotrofik merupakan flagellata yang tidak berkloroplas. Contoh: Trypanosoma gambiens, Leishmania. Flagellata heterotrofik dapat dibagi menjadi 2 golongan, yaitu:
 

3) Cilliata (Cilliophora)

4) Sporozoa

 
 
 

BACA:  Berapa Lapisan Kulit Tubuh Kita?

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya ideologi nasionalisme contoh keamana intrnal dan eksternal, Pembukaan UUD 1945 dalam kaitannya dengan HAM adalah, apasaja bentuk akulturasi antara masa praaksara dengan masuknya hindu buddha.