CONTOHTEKS
 

Sistem Kerja Lambung Manusia

 

CONTOHTEKS.NET – Lambung yang merupakan salah satu organ pencernaan pada manusia, secara umum memiliki fungsi dalam membantu proses penyerapan zat gizi ke dalam darah, membuang bagian-bagian dari makanan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh, memecah dan menguraikan makanan menjadi beragam jenis zat gizi, serta sebagai tempat penampungan sementara makanan.
Mungkin kita bertanya-tanya bagaimana sistem kerja lambung sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan baik sebagai salah satu alat pencernaan makanan? Nah, untuk menjawabnya, berikut ini penjelasan mengenai sistem kerja lambung manusia:

BACA:  Berapa Lapisan Kulit Tubuh Kita?

FUNGSI UTAMA LAMBUNG DALAM SISTEM PENCERNAAN MAKANAN
1) Fungsi Motoris
Fungsi motoris dari lambung meliputi:

  1. Fungsi reservior adalah untuk menyimpan makanan sedikit demi sedikit untuk dicerna.
  2. Fungsi mencampur dan memecahkan makanan menjadi bentuk partikel-partikel yang lebih kecil dan mencampurkannya dengan berbagai jenis cairan atau getah lambung yang berada di dalam lambung.
  3. Fungsi pengosongan dilakukan oleh bagian pilorus yang dipengaruhi oleh viskositas, volume, keasaman, dan kerja.

2) Fungsi Sekresi dan Pencernaan
Fungsi sekresi dan pencernaan pada lambung merupakan fungsi dimana terjadi proses pencernaan protein yang dilakukan oleh enzim pepsin dan getah lambung. Di dalam lambung juga terjadi sintesis dan pengeluaran gastrin yang dipengaruhi oleh asupan protein, peregangan autrum, dan alkalinisasi autrum. Proses sekresi yang terjadi di dalam lambung memungkinkan proses absorpsi vitamin B12 dari usus halus bagian distal. Selain itu, di dalam lambung juga terjadi proses sekresi mukus yang membentuk selubung pelindung untuk lambung. Proses tersebut juga memberikan pelumasan kepada makanan sehingga makanan menjadi lebih mudah untuk dicerna.

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .