CONTOHTEKS
 

Ciri-ciri Sistem Ekonomi Sosialis, Kapitalis, dan Campuran

 

CONTOHTEKS.NET – Kelangsungan hidup suatu negara tentunya juga sangat tergantung dari adanya kegiatan perekonomian yang berlangsung di negara tersebut. Kelancaran suatu kegiatan perekonomian juga tentunya didukung dengan adanya sistem ekonomi yang dijalankan oleh suatu negara.

Ada beragam jenis sistem ekonomi. Beberapa diantaranya cukup sering menjadi bahan pertanyaan di kalangan pelajar sekolah, yaitu tentang sistem ekonomi sosialis, kapitalis, dan campuran. Bagaimanakah ke-3 jenis sistem ekonomi tersebut? Apa ciri-ciri dari masing-masing sistem ekonomi tersebut? Berikut ulasannya :


Sistem Ekonomi Sosialis

Sistem ekonomi sosialis dikenal juga dengan sistem ekonomi terpusat. Sistem ekonomi sosialis merupakan suatu sistem ekonomi di mana pemerintah memegang peranan paling penting atau dominan dalam pengaturan kegiatan ekonomi. Dominasi yang dilakukan pemerintah itu dapat berupa pembatasan-pembatasan terhadap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh anggota masyarakat. Negara-negara yang menganut sistem ekonomi ini antara lain, China, Rusia, serta beberapa negara di Eropa Timur yang merupakan bekas jajahan Rusia.

Ciri-ciri Ekonomi Sosialis :

BACA:  Pengertian Majas Personifikasi

Sebagai suatu sistem ekonomi, ekonomi sosialis tentunya memiliki juga kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangannya :


Sistem Ekonomi Kapitalis

Sistem ekonomi kapitalis dikenal juga sebagai sistem ekonomi liberal. Sistem ekonomi kapitalis merupakan suatu sistem ekonomi yang menghendaki kebebasan yang seluas-luasnya bagi setiap individu untuk melakukan tindakan ekonomi tanpa campur tangan dari pemerintah. Kondisi ini benar-benar tidak memerlukan campur tangan pemerintah atau dengan kata lain, pemerintah akan benar-benar lepas tangan terhadap pengambilan keputusan ekonomi.

Sistem ekonomi ini pernah dianut Indonesia di tahun 1950-an sebelum akhirnya diganti dengan sistem ekonomi Pancasila. Negara lainnya yang menganut sistem ekonomi kapitalis antara lain: Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Perancis, Belgia, Irlandia, dan Swiss.

BACA:  Proses Pembekuan Darah

Ciri-ciri sistem ekonomi kapitalis :

Sebagai suatu sistem ekonomi, ekonomi kapitalis tentunya memiliki juga kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangannya :


Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran merupakan perpaduan antara sistem ekonomi sosialis dan kapitalis. Perpaduan ini mengambil garis tengah antara kebebasan dan pengendalian. Jadi bisa dikatakan bahwa dalam sistem ekonomi campuran, pemerintah memberikan kebebasan pada masyarakat untuk berusaha dalam melakukan kegiatan ekonomi, tetapi di sisi lain pemerintah juga ikut campur tangan dalam kegiatan perekonomian yang bertujuan untuk menghindari penguasaan secara penuh dari segolongan masyarakat terhadap sumber daya ekonomi.

BACA:  Tujuan Utama Didirikannya Indische Partij

Ciri-ciri sistem ekonomi campuran :

Sebagai suatu sistem ekonomi, ekonomi campuran tentunya memiliki juga kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangannya :

 

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya .