CONTOHTEKS
 

4 Tips Menulis Abstrak dengan Mudah Hasilnya Bagus

 

Apakah anda pernah menulis sebuah teks abstrak guna menyelesaikan makalah akademik atau karya ilmiah?

 

Nah, yang dimaksud dengan teks abstrak dalam hal ini adalah serangkaian tulisan pendek – pendek dan sederhana merupakan rangkuman dari sebuah karya/karangan ilmiah atau disebut juga dengan istilah makalah yang berdiri sendiri yang bisa dipakai oleh kelompok/orang lain sebagai suatu tinjauan umum.

Di bawah ini kami berikan beberpa tips untuk memulai membuat teks abstrak atau menulis abstrak antara lain sebagai berikut:

Tips Menulis Abstrak

1. Tulislah makalah yang anda pilih

Meskipun teks – teks ini terletak di bagian awal, teks abstrak memiliki fungsi sebagai sebuah rangkuman terhadap keseluruhan makalah yang sedang dibuat.

Di dalamnya sudah termasuk pengenalan topik makalah, yang mana teks abstrak selanjutnya menjadi tinjauan umum / ikhtisar terhadap masing – masing hal yang sedang anda fokuskan untuk ditulis dalam makalah. Anda bisa menuliskan teks ini pada tahap akhir saja setelah anda selesai menulis keseluruhan makalah anda.

BACA:  Kalimat Pasif Berpola S P Pel K

2. Pahami lalu tinjau beragam hal yang patut untuk anda tulis pada bagian teks abstrak

Panduan atau persyaratan khusus mungkin anda butuhkan dalam makalah yang akan anda tulis yaitu apakah berhubungan dengan masalah publikasi dalam suatu jurnal, laporan – laporan untuk sebuah pelajaran, ataupun bagian – bagian dari suatu proyek kerja.

Sebelum anda memutuskan untuk memulai menulis maka mengaculah terhadap kondisi instruksi awal atau panduan yang diberikan guna memahami hal – hal penting yang wajib diingat antara lain sebagai berikut:

BACA:  Persamaaan Bunyi Pada Setiap Pantun Disebut?

3. Pertimbangkan para pembaca makalah anda 

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa abstrak dibuat dengan tujuan untuk dapat membantu para pembaca melakukan pemahaman terhadap karya tulias anda.

Contoh dalam hal ini adalah di dalam sebuah jurnal ilmiah, abstrak memungkinkan para pembaca untuk turut serta mengambil keputusan apakah pembahasan mengenai riset bersangkutan relevan dengan kepentingan dan minat mereka.

Teks abstrak dapat membantu para pembaca untuk memperoleh penjelasan pokok yang anda maksudkan.

4. Tentukan jenis teks abstrak yang akan Anda tulis 

Walaupun secara mendasar masing – masing jenis abstrak mempunyai kesamaan dalam hal tujuan, dikenal dua jenis abstrak yang utama yaitu abstrak deskriptif dan abstrak informatif.

Di sini anda diminta untuk memakai gaya penulisan tertentu dimana anda harus menentukan salah satu jenis abstrak yang tepat.

BACA:  Frasa Endosentris Adalah

Pada umumnya yang dipakai adalah abstrak informatif dimanfaatkan untuk penelitian – penelitian yang agak panjang dan juga penelitian teknis, sedangkan memilij memakai abstrak deskriptif cenderung untuk makalah yang agak pendek.

  1. Abstrak kritis jarang digunakan namun masih mungkin dibutuhkan dalam beberapa kondisi. Abstrak ini memiliki tujuan yang sama persis dengan abstrak lainnya namun memfokus kepada menghubungkan antara kajian – kajian atau penelitian dari si penulis. Ini adalah abstrak yang mengupas rancangan atau terhadap metode penelitian.
  2. Informasi utama mencakup ke dalam beberapa jenis abstrak yang bersifat sama dengan memiliki perbedaan mendasar yang terletak pada hasil penelitian yang mencakup di dalam abstrak informative. Abstrak informatif bersifat jauh lebih panjang dibandingkan abstrak deskriptif.
  3. Abstrak informatif merupakan salah satu versi secara ringkas terhadap makalah yang sedang anda buat yang memberikan peninjauan secara umum terhadap segala hal berhubungan dengan penelitian termasuk di dalamnya adalah hasil yang diharapkan. Abstrak ini memiliki sifat agak panjang dibandingkan abstrak deskriptif dan dibuat mulai dari satu paragraf hingga sehalaman.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai tips menulis abstrak. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.