CONTOHTEKS
 

Upaya Mengatasi Ancaman terhadap Integrasi Nasional

 

CONTOHTEKS.NET – Sebagaimana dilansir dari wikipedia, ancaman adalah setiap usaha dan kegiatan, baik dalam negeri maupun luar negeri yang dinilai membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. Ancaman merupakan sebuah bagian dari risiko, sedangkan risiko itu sendiri adalah buah pikiran dari sebuah ancaman.

 

Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, suatu ancaman tidak pernah luput dari kehidupan kita sehari-hari. Oleh karena itu, sasaran dari suatu ancaman biasanya tertuju pada berbagai tingkatan, mulai dari suatu individu, masyarakat, pemerintah, wilayah, bangsa, dan negara. Ancaman tersebut dapat berupa ancaman militer maupun ancaman non militer.

Hal yang Mendasari Suatu Ancaman

Ancaman yang kerap terjadi dalam kehidupan kita biasanya terjadi bukan tanpa alasan dan sebab. Ada beberapa hal yang sering mendasari lahirnya suatu ancaman dari sekelompok pihak, antara lain:

* Di tingkat negara

BACA:  Sebaran Jenis Ikan di Perairan Laut Indonesia

* Di tingkat bangsa

* Di tingkat pemerintah

* Di tingkat individu

Dalam rangka mengatasi berbagai ancaman yang sewaktu-waktu bisa terjadi dalam kehidupan kita, maka dibutuhkan adanya suatu integrasi, terlebih karena negara kita adalah negara yang luas yang menganut paham kesatuan, maka integrasi tersebut haruslah bersifat menyeluruh secara nasional.

Integrasi Nasional

Istilah integrasi nasional berasal dari 2 kata, yaitu integrasi dan nasional.

Integrasi nasional sendiri merujuk kepada seluruh unsur dalam rangka melaksanakan kehidupan bangsa, meliputi sosial, budaya ekonomi, maka pada intinya integrasi nasional lebih menekankan persatuan persepsi dan perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Dengan demikian, Integrasi nasional dapat diartikan penyatuan bagian-bagian yang berbeda dari suatu masyarakat menjadi suatu keseluruhan yang lebih utuh, atau memadukan masyarakat-masyarakat kecil yang banyak jumlahnya menjadi suatu bangsa.

Faktor Pendorong Integrasi Nasional

BACA:  Dasar HAM Di Indonesia

Faktor Penghambat Integrasi Nasional

BACA:  Sebutkan Ciri-Ciri Akan Terjadinya Gempa Bumi

Upaya Mengatasi Ancaman terhadap Integrasi Nasional