CONTOHTEKS
 

Urutan Negara dengan Wilayah Terluas di Asia Tenggara

 

CONTOHTEKS.NET – Asia Tenggara merupakan salah satu bagian dari benua Asia yang terletak di bagian tenggara. Kawasan Asia Tenggara mencakup Indocina dan Semenanjung Malaya serta kepulauan di sekitarnya. Ditinjau dari sisi Geografi, wilayah Asia Tenggara berbatasan dengan:

Selain itu, wilayah Asia Tenggara juga dibagi dalam 2 kelompok wilayah, yaitu:

  1. Asia Tenggara Daratan (ATD) yang meliputi: Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam
  2. Asia Tenggara Maritim (ATM) yang meliputi: Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Philipina, Singapura, Timor Leste
 

SEJARAH BENUA ASIA
Penggunaan nama ‘Asia Tenggara‘ untuk menyebut wilayah ini mulai digunakan pada abad ke-20 setelah sebelumnya hanya menggunakan nama ‘India Belakang‘ karena merupakan anak dari benua India. Kawasan Asia Tenggara terdiri dari 11 negara, dimana beberapa diantaranya berada di wilayah daratan utama (mainland) yang juga dikenal sebagai Asia Tenggara Daratan atau Indocina.
Sedangkan sebagian lagi merupakan wilayah kepulauan yang dikenal sebagai Asia Tenggara Maritim dengan istilahnya yang beragam mulai dari Kepulauan Selatan, Kepulauan Melayu, Malayunesia, Indonesia, Hindia Timur, Malaysia, Insulinde ataupun Nusantara.
Sementara itu, secara geografis dan historis, wilayah Taiwan dan Pulau Hainan sebenarnya juga termasuk dalam wilayah Asia Tenggara. Namun karena alasan politik maka Taiwan dan Pulau Hainan lebih sering dimasukkan dalam wilayah Asia Timur.
Lalu Kepulauan Cocos dan Kepulauan Christmas yang terletak di selatan Pulau Jawa, oleh sebagian pihak dimasukkan dalam wilayah Asia Tenggara meskipun secara politik berada di bawah pemerintahan administratif Australia. Berbeda dengan Pulau Papua yang dimasukkan dalam wilayah Asia Tenggara secara politik meskipun secara geologi pulau ini sudah tidak termasuk ke dalam benua Asia.
URUTAN NEGARA DENGAN WILAYAH TERLUAS DI ASIA TENGGARA
Berikut ini urutan negara dengan wilayah terluas hingga terkecil di Asia Tenggara:
1) Indonesia

BACA:  Wawancara Tentang Tanah Longsor

Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia terdiri dari 5 pulau besar, yaitu:

  1. Jawa dengan luas 132.107 km²
  2. Sumatera dengan luas 473.606 km²
  3. Kalimantan dengan luas 539.460 km²
  4. Sulawesi dengan luas 189.216 km²
  5. Papua dengan luas 421.981 km²

Batas wilayah Indonesia:

2) Myanmar
Luas daratan: 676.578 km²
Batas wilayah Myanmar:

3) Thailand
Luas daratan: 513.120 km²
Batas Wilayah Thailand:

BACA:  Danau Eyre Adalah Danau Terbesar di?

4) Vietnam
Luas daratan: 332,698 km²
Batas Wilayah Vietnam:

5) Malaysia
Luas daratan: 329.847 km²
Malaysia berbatasan dengan Thailand, Indonesia, Singapura, Brunei, dan Philipina. Malaysia membagi wilayahnya menjadi 2 bagian yang dipisahkan oleh Kepulauan Natuna, Indonesia di Laut Cina Selatan. Ke-2 wilayahnya itu adalah:

  1. Malaysia Barat: berbatasan dengan Selat Malaka di selatan dan berbatasan langsung dengan Thailand di utara. Semua negara bagian Malaysia, kecuali Sabah dan Sarawak berada di wilayah ini.
  2. Malaysia Timur: terletak di sebelah timur Semenanjung Malaysia di seberang Laut Cina Selatan.

6) Philipina
Luas daratan: 300.000 km²
Batas Wilayah Philipina:

BACA:  Bagaimana Cara Mengatasi Kelangkaan Minyak dan Batubara?

7) Laos
Luas daratan: 236.800 km²
Batas Wilayah Laos:

8) Kamboja
Luas daratan: 181.035 km²
Batas Wilayah Kamboja:

9) Timor Leste
Luas daratan: 15.410 km²
Batas Wilayah Timor Leste:

10) Brunei Darussalam
Luas daratan: 5.765 km²
Brunei Darussalam menempati pulau Borneo dengan garis pantai seluruhnya menyentuh Laut Cina Selatan. Wilayahnya dipisahkan ke dalam negara bagian di Malaysia, yaitu Sarawak.
11) Singapura
Luas daratan: 716 km²
Singapura terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan.