CONTOHTEKS
   

Akibat Letak Geografis Indonesia

 

CONTOHTEKS.NET – Letak geografis merupakan letak suatu negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Menurut letak geografisnya, Indonesia terletak diantara 2 benua, yaitu benua Asia dan Australia, serta diantara 2 samudera, yaitu Samudera Hindia dan Pasifik. Letak Indonesia yang diapit oleh 2 benua dan berada di antara 2 samudera ini berpengaruh besar terhadap keadaan alam maupun kehidupan penduduknya.
PENGARUH LETAK GEOGRAFIS
1) Terhadap Keadaan Alam
Karena Indonesia merupakan negara kepulauan dari pertemuan 2 samudera, serta diapit oleh 2 benua yang luas, maka hal itu berpengaruh terhadap kondisi alamnya, dimana

BACA:  3 Jenis Gejala Vulkanisme

2) Terhadap Keadaan Penduduk
Indonesia yang terletak pada posisi silang (cross position) antara 2 benua dan 2 samudera, maka memberikan beberapa pengaruh terhadap kelangsungan hidup bangsa Indonesia, seperti:

 

AKIBAT LETAK GEOGRAFIS INDONESIA
1) Akibat/Dampak Keuntungan
A. Bidang Ekonomi:

BACA:  Sebutkan Beberapa Tumbuhan yang Hidup Di Hutan?

B. Bidang Transportasi:

C. Bidang Komunikasi:

D. Bidang Sosial Budaya:

2) Akibat/Dampak Kerugian
A. Bidang Ekonomi:

B. Bidang Transportasi:

BACA:  Jelaskan Perubahan Sifat Protoplasma Bakteri Pada Saat Pembentukan Endospora

C. Bidang Komunikasi:

D. Bidang Sosial Budaya:

Artikel ini dikunjungi dengan topik . Baca juga artikel menarik lainnya Ciri bahasa teks cerpen, ideologi nasionalisme contoh keamana intrnal dan eksternal, Pembukaan UUD 1945 dalam kaitannya dengan HAM adalah, apasaja bentuk akulturasi antara masa praaksara dengan masuknya hindu buddha.